Alat Peraga Matematika SD (Sekolah Dasar) Kurikulum 2013

Peralatan Guru
Peralatan Guru
Peralatan Guru Sekolah » Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah merupakan kondisi dalam kelas, dimana guru dan peserta didik saling berkaitan dalam pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan oleh guru. Kesuksesan kegiatan tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab guru, karena guru merupakan pengelola tunggal di dalam kelas. Oleh karena itu guru harus tahu tujuan alat peraga matematika yakni untuk mengolah atau membuat suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan sehingga tercapai keberhasilan.

Matematika merupakan ilmu yang mempunyai karakter berbeda dengan mata pelajaran lainnya karena matematika berkaitan dengan ide atau kansep abstrak yang tersusun secara hirarkis dan penalarannya deduktif, Hal demikian membawa terjadinya proses pembelajaran matematika harus menggunakan manipulasi obyek dalam bentuk alat permainan yang dilaksanakan dalam kegiatan belajar mengajar. Fungsi alat mengajar matematika yakni penyampaian materi tersebut dapat dimengerti secara sempurna jika disajikan kepada peserta didik dalam bentuk-bentuk kongkret. Anak SD berusia antara 7 sampai dengan 12 tahun perkembangan intelektualnya termasuk dalam tahap
operasional kongkret, sebab berfikir logiknya didasarkan atas manipulasi fisik
dari obyek-obyek. Dengan kata lain penggunaan media dalam pembelajaran matematika di SD memang diperlukan, karena sesuai dengan tahap berpikir anak. Dengan menggunakan obyek tersebut anak akan lebih menghayati matematika secara nyata berdasarkan fakta yang jelas dan dapat dilihatnya. Sehingga anak lebih mudah memahami topik yang disajikan.

Fungsi alat peraga matematika SD

Meningkatkan Kemampuan berfikir matematika anak akan lebih kreatif. Untuk sebagian peserta didk
mata pelajaran matematika tampak seperti suatu sistem rumit dan kaku, yang hanya berisi simbol-simbol teka-teki untuk dipecahkan. Sebenarnya matematika sama seperti logika, jadi semakin diasah logika maka kreatifitas akan lebih berkembang. Mengembangkan sikap arah berpikir logika positif. Maka Suasana pembelajaran matematika di kelas harus penuh kreasi
sehingga para peserta didik dapat menyukai pelajaran tersebut.

Jenis jenis perlengkapan alat mengajar Matematika SD Sederhana
Obyek pembelajaran mempunyai banyak varian, akan tetapi kami akan memberikan contoh yang mudah dipraktikan oleh guru didepan kelas, sebelumnya kami sudah membuat ulasan alat peraga matematika kelas 1 SD hitung cepat kurikulum 2013. selanjutnya silahkan simak berikut ini.

1. Balok Dienes
Alat Peraga Matematika SD (Sekolah Dasar) Kurikulum 2013
obyek ini merupakan salah satu obyek untuk mengenal nilai tempat satuan, puluhan, ribuan, serta bilangan bulat. Juga dapat digunakan sebagai cara hitung cepat perkalian, pembagian, pengurangan, penjumlahan.

2. Balok Pecahan
Alat Peraga Matematika SD (Sekolah Dasar) Kurikulum 2013
Untuk memperagakan bilangan pecahan, membandingkan bilangan pecahan, serta menghitung bilangan pecahan.

3. Kartu Bilangan
Alat Peraga Matematika SD (Sekolah Dasar) Kurikulum 2013
Untuk mengasah keterampilan peserta didik sehingga materi yang disampaikan dapat di pahami dengan baik dan mengeluarkan ide-ide kreatif.

Demikian uraian singkat kami mengenai pembelajaran Sekolah Dasar, untuk lebih jelasnya kami menyematkan file modul ulasan tentang alat peraga matematika SD lengkap sesuai dengan PPPPTK. Terima kasih atas kunjungan kalian semoga bermanfaat, bagikan kepada rekan guru yang membutuhkan.
Peralatan guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar